Daily Archives: Agustus 14, 2011

TIPS DAN TRICK BUGAR SAAT PUASA


selamat berpuasaSaat bulan Ramadhan adalah saat yang paling ditunggu – tunggu oleh umat Islam karna di dalam bulan Ramadhan semua kebaikan dilipat gandakan pahalanya dan pintu maaf dibuka selebar – lebarnya. Saat bulan Ramadhan kita di wajibkan untuk berpuasa, karna dalam berpuasa kita di ajarkan bagaimana caranya menjaga emosi dan kesabaran. Tapi belakangan puasa di jadikan alasan untuk bermalas – malasan karna saat puasa tubuh terasa sangat lemah, ada juga karna pekerjaan yang berat sebagian orang enggan menjalankan ibadah puasa. Padalah puasa itu banyak manfaatnya bagi tubuh kita maupun sisi emosional kita dan jangan menjadikan puasa sebagai hambatan untuk bekerja. Untuk menjaga agar tetap segar dan bugar saat mejalani ibadah puasa saya akan membagikan Tips dan Trick saat puasa, berikut Tips dan Tricknya.

1. Perhatikan Menu Berbuka dan Sahur

          A. Menu Buka Puasa

Berbukalah dengan yang manis. Rasa manis bisa berubah menjadi karbohidrat sederhana. Usahakan rasa manis itu dari sumber yang alami. Seperti gula aren, kurma, madu, gula stevia atau buah segar. Usahakan hindari rasa manis dari gula pasir. Gula pasir yang terkandung dalam berbagai makanan dan minuman akan menyebabkan lonjakan gula darah. Konsumsilah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah, sehingga tidak mengalami fluktuasi yang tinggi. Ketika gula darah stabil, ini sangat membantu metabolism energy tubuh. Menu karbohidrat ideal berbuka adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah.

B. Menu Sahur

Menu sahur utamakan karbohidrat kompleks. Konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan saat berbuka. Puasa bagi tubuh adalah program deteksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Usus besar diistirahatkan dan tubuh berkesempatan membuang ampas metabolism. Sisa –sisa makanan terutama daging yang membusuk di usus besar bisa dibersihkan. Alat pembersih utamanya adalah serat tidak larut yang terdapat dalam sayuran. Buah mensuplai antoksidan yang selain untuk kebutuhan sehari – hari juga membantu detoksifikasi seluler. Di kala sahur hindari makanan yang manis. Makanan manis hanya bertahan dua jam setelah makan. Padahal puasa sekitar 12 jam. Selain itu, makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar.

makanan

2. Tetap Berolahragajalan sehat

Meskipun berpuasa, olah raga mutlak diperlukan. Pertimbangannya agar metabolism tubuh tetap terjaga. Namun olah raga pada saat puasa harus dibedakan dari saat normal. Ketika sedang berpuasa hindari olah raga berat dan olah raga yang erat hubungannya dengan benturan fisik. Jenis olah raga yang disarankan adalah jogging. “Waktunya cukup 1-1,5 jam. Jangan terlalu lama.”jelas Satya Bagja asisten pelatih timnas U-23 Indonesia. Waktunya juga disarankan pada sore hari, pada saat menjelang berbuka. “Pertimbangannya agar terhindar dari dehidrasi. Ketika selesai sudah mendekati buka. Jadi relative aman.” tambah Satya. Meski demikian olah raga pada pagi haripun tidak diharamkan yang penting tidak berlebihan. Misalnya hanya melakukan pelemasan otot sebelum bekerja atau beraktivitas.

3. Atur Tingkat Emosi

Ujian buat orang berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga. Tapi juga harus bisa menahan emosi. Ditinjau dari sudut olah raga dan metabolism kesehatan tubuh, ternyata mengatur tingkat emosi juga berpengaruh pada kebugaran puasa. Logikanya begini, ketika fisik seseorang yang berpuasa biasanya melamah karena kekurangan caiaran. Begitu juga dengan stok elektrolit tubuh. Melemahnya stamina akan membawa dampak pada berkurangnya kemampuan konsentrasi. Akibatnya emosi jadi mudah tersulut.

Fenomena itu memang sejalan dengan tinjauan medis. Kondisi stress biasanya terjadi karna adanya gangguan pada fungsi hormone kortisol. Sementara, fungsi hormone kortisol sangat berpengaruh oleh cairan dan elektrolit tubuh. Kortisol adalah hormone steroid golongan glukokortikoid yang berasal dari kolesterol. Tugas utamanya adalah menghadapi tekanan dari luar. Termasuk tekanan yang ada hubungannya dengan psikologis. Maka dari itu penting menjaga emosi saat puasa. Utamanya pada waktu siang dan sore hari ketika tubuh kekurangan cairan. Pada waktu – waktu itu jangan sampai emosi kita meledak. Dampaknya tidak saja pada konsentrasi di hari itu, tapi juga pada resiko kesehatan tubuh. “Puasa itu belajar memaafkan. Keuntugannya akan berlipat.” bilang dr Phaidon L Touran seorang pakar nutrisi dan gaya hidup dari Universitas Negeri Jakarta.

emotion

4. Perhitungkan Waktu Tidur

          Pada bulan Ramadhan, waktu tidur kita jadi berubah dan berkurang dibandingkan hari – hari biasa. Padahal, waktu tidur yang cukup adalah syarat mutlak agar tubuh tetap bugar. Agar pola atau waktu tidur terjaga, usahakan jangan tidur larut malam. Pasalnya pada pukul 03.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB kita harus bangun untuk sahur. Lantas bagaimana cara menambal waktu tidur yang hilang tersebut? Anda bisa menggantinya degan tidur siang sebentar. Istilah populernya adalah power-nap atau tidur singkat tapi berkualitas. Lamanya cukup 15 menit – 30 menit. Power-nap sangat efektif untuk memulihkan energy. Untuk atlet kuantitas tidur siangnya agak berbeda dengan orang biasa. Mereka butuh waktu tidur siang dari jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Dengan catatan itu dilakukan jika sore hari akan menjalani latihan rutin.

tidur

5. Tambahan Suplemen

Saat ini sudah begitu banyak suplemen yang dikhususkan untuk menjaga agar tubuh tetap fit walaupun sedang menjalani ibadah puasa. Tapi banyak pendapat yang mengatakan dengan menggunakan suplemen kita akan kehilangan makna puasa yang berarti bersabar dalam situasi apapun termaksud perasaan letih saat puasa. Tapi bagi orang yang mempunya banyak aktifitas yang cukup berat suplemen tidak salah untuk digunakan. Alasanya adalah kebutuhan nutrisi mereka yang punya aktifitas luar biasa tinggi berbeda dengan masyarakat umum. Suplemen yang baik diminum adalah yang mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin C dan zat besi.

Pada intinya, menambah suplemen saat berpuasa tidak perlu dilakukan. Cukup dengan pola makan yang sehat dan berimbang saat sahur dan buka puasa seperti empat sehat ( nasi, sayur, ikan/daging dan buah – buahan ). Saat itu semua terpenuhi aktifitas apapun bisa dijalani saat menjalani ibadah puasa.

suplemen tubuh

Sumber : Tabloid SOCCER

Iklan