WAWANCARA CESC FABREGAS ( BARCELONA )


Siapa yang tak kenal dengan Cesc Fabregas, seorang superstar di lapangan hijau yang baru saja resmi menjadi pemain Barcelona. Cesc –begitu sapaan akrabnya, pernah dating ke Indonesia, Negara tercinta kita dalam urusan pembibitan pemain junior di Indonesia. Dalam satu sesi Cesc juga mendapatkan Tanya jawab dengan media tentang Indonesia dan sepak bolanya. Berikut wawancara Cesc Fabregas:

 cesc fabregas

Apa yang kamu rasakan saat pertama kali tiba di Indonesia?

“Aku terkejut dengan sambutan yang diberikan. Sungguh, aku sangat bahagia dapat berada di tengah anak – anak Indonesia.”

Berbicara soal sepak bola. Apa tanggapanmu tentang sepak bola negeri ini?

“Aku suka bagaimana mereka bermain. Para pemain Indonesia memiliki energy yang luar biasa. Mereka punya kemampuan dan skill yang bagus.”

Pernah menyaksikan sepak bola Indonesia?

“Aku tahu sepak bola Indonesia lewat Twetter. Beberapa bulan lalu, sepak bola Indonesia sangat ramai di bicarakan. Karena itu, aku langsung menyaksikan pertandingan tim nasional Indonesia di televise. Indonesia punya pontesi untuk memiliki tim nasional yang hebat.”

Apakah itu artinya Indonesia pantas bermain di turnamen besar, Piala Dunia misalnya?

“Untuk saat ini, kalian harus realistis. Butuh waktu, setahap demi setahap. Indonesia Negara besar, jadi punya pontesi memiliki tim sepak bola yang hebat. Tapi butuh dedikasi untuk berjuang ke arah sana. Dan, tentu aku sangat senang bila bertemu Indonesia di Piala Dunia.

Lantas, apa yang harus Indonesia lakukan untuk mencapai hal tersebut?

“Penting untuk terus mengembangkan potensi pemain muda. Anak – anak adalah masa depan dan aset yang penting. Mengapa? Karena merekalah yang akan menjadi tumpuan dan menggunakan seragam timnas di masa yang akan dating.”

Pesan untuk pemain muda Indonesia?

“Aku juga pernah melalui masa kecil, dan aku tahu bagaimana memendam mimpi seperti mereka. Untuk menjadi pemain hebat, harus punya motivasi dan target dalam hidup. Teruslah memotivasi diri untuk meraih impian.”

Setiap pebola memiliki idola. Siapa idola Anda?

“Idola terbesar aku adalah Pep Guardiola. Selain itu, aku juga mengidolai beberapa penggawa mantan pemain Arsenal seperti Petrick Vieira, Dennis Bergkamp, Robert Pires, dan Thierry Henry.”

Seberapa besar arti sepak bola dalam hidup Anda?

“Sepak bola adalah 99 persen dalam hidupku. Keluargaku tahu betapa berartinya sepak bola untukku. Sejak umur 2 tahun, setiap melihat bola aku selalu ingin menendangnya. Bahkan di toilet maupun di kamar. Aku tidur pun bersama bola.”

Apakah itu berarti Anda tak pernah lelah untuk mengolah si kulit bundar?

“Tidak juga. Kadang aku merasa letih. Sepak bola adalah olahraga yang melelahkan. Apalagi sepak bola modern seperti sekarang ini semakin sulit.”

Bagaimana jika sedang dililit persoalan pribadi. Apakah berdampak besar pada performa?

“Aku hanya mencoba memberi yang terbaik di atas lapangan, dan tidak selalu memikirkan persoalan pribadi yang bisa mengganggu permainan. Aku mencoba focus dalam karierku.”

Sumber : Tabloid SOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Agustus 26, 2011, in Sport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

