TIPS DAN TRIK FOOTBALL MANAGER 2011


Football-Manager-2011

Ingin menjadi manager sebuah klub sepak bola ? Kini keinginan itu bisa terwujud, walaupun dalam bentuk virtual. Ya, Sport Interactive mengeluarkan sebuah game bergenre managerial, yang dapat membuat para gamer sekalian dapat merasakan menjadi seorang manager di sebuah klub sepak bola. Semua kegiatan managerial dapat anda rasakan di game ini dari melatih tim, menentukan pemain, mengatur jadwal bertanding sampai memberikan lamaran pekerjaan pada klub yang ingin dilatih. Tapi tentu saja tidak semudah itu banyak juga rintangan yang harus dihadapi maka dari itu kami akan memberikan tips dan trik untuk anda menuju kejayaan sebagai seorang manager.

MENU LATIHAN

Berikut langkah yang harus diperhatikan saat menentukan program latihan di klub yang ditangani :

  1. Pastikan tim yang ditangani memiliki fasilitas latihan yang bagus. Contohnya Barcelona, Inter Milan ataupun Manchester United yang memiliki fasilitas training tertinggi di FM2011(top training facilities). Jika menangani klub mendioker yang memiliki “good training facilities”, ada baiknya meminta pihak klub untuk memperbaiki fasilitas latihan. Caranya, masuk ke menu boardroom, lalu pilih interact with board, pilih kategori facilities, lalu pilih permintaan yang dikehendaki.

Catatan : permintaan tidak selalu bisa dipenuhi oleh petinggi klub tergantung kondisi financial klub itu sendiri.

  1. Jika sudah mengetahui fasilitas latihan yang dimiliki klub, langkah selanjutnya menyeleksi pelatih – pelatih yang dimiliki. Terdapat enam spesialis pelatih, yakni fitness coach yang melatih strength  dan aerobic, goalkeeping coach  melatih GK-shot stopping  dan  GK-handling, tactical coach melatih tactics, attacking coach melatih attacking, defending coach melatih defending serta yang terakhir technique coach melatih ball control dan shooting. Pastikan kategori – kategori itu diisi dengan pelatih yang memiliki rating 4,5 atau 5 bintang.
  2. Tempatkan pelatih – pelatih itu sesuai kategori yang dia miliki. Misalnya, fitness coach melatih salah satu di antara strength dan aerobic.

Catatan : Jika pelatih yang dimiliki dibawah 4 bintang sebaiknya cari pelatih baru yang lebih kompeten.

  1. Tentukan schedule latihan tim. Apabila schedule tidak sesuai bisa mengakibatkan pemain tidak senang atau unhappy. Database FM2011 sendiri menyediakan lima kategori schedule latihan ke dalam permainannya, yakni general, goalkeepers, defenders, midfieders dan forward. Namun, gamer bisa menambah latihan sendiri untuk pemain cedera. Agar pemain yang sedang cedera bisa segera cepat pulih.

TAKTIK – PAHAMI KELEBIHAN TIAP FORMASI –

4-4-2 : Dalam formasi ini kekuatan terdapat pada pemain tengah karna pemain tengah yang akan mengatur dalam penyerangan maupun bertahan. Bila menggunakan formasi ini sebaiknya cari pemain yang handal dalam mengatur tempo. Formasi ini sangat seimbang dalam bertahan dan menyerang.

4-3-3 : Sama dengan 4-4-2 yang seimbang dalam menyerang maupun bertahan, tapi bila menggunakan formasi ini pilih pemain depan yang bisa melebar dan target man yang kuat dalam duel man to man atau duel udara. Jangan lupa formasi ini sangat rawan terkena serangan balik, maka dari itu pasang dua gelandang bertahan yang bisa memutus alur serangan dari tengah.

3-4-3 : Dalam formasi ini lini yang terkuat adalah lini belakang dan tengah, kenapa saya bilang begitu padahal banyak yang mengatak formasi ini sangat berisiko dalam bertahan karna hanya ada 3 bek, disitulah kekuatan lini pertahanan formasi ini, bila 3 bek yang dimasukkan adalah centreback asli maka akan sangat kuat karna bek tengah tidak terlalu sering maju kedepan untuk membantu penyerangan. Lalu kuatkan lini tengah seperti formasi 4-4-2 dan kuatkan lini depen dengan mengikuti formasi 4-3-3.

3-3-1-3 : Tidak jauh berbeda dengan 3-4-3 hanya bedanya bila 3-4-3 lini tengah diisi dengan satu gelandang bertahan, satu gelandang pengatur serangan dan dua gelandang sayap. Di 3-3-1-3 gelandang pengatur diganti dengan trequartista yang bisa menusuk dari lini kedua dan bisa mengkreasi bola untuk dijadikan gol.

1-4-2-2-1 (Catenaccio) : Formasi yang dipopular oleh tim Italia ini memang agak kuno, karna hanya menggunakan cara serangan balik atau counterattack. Kekuatan dari formasi ini karna terdapatnya seorang pemain terakhir dari 4 bek yang disebut sweeper.

4-2-3-1 (Tiki Taka) : Pernah lihat permainan Barcelona dan timnas Spanyol ? Kalo iya, pasti anda akan terkagum dengan taktik mereka, padahak sederhana saja formasinya, ya, Barcelona maupun Spanyol menggunakan 4-2-3-1 ini, tapi yang harus diingat pemain yang menempati setiap lini harus memiliki kemampuan bekerja sama, umpan dan pergerakan yang cukup tinggi tanpa ini semua formasi ini tak akan berguna, karna semua pemain dituntut harus bisa bekerja sama dengan pemain yang lain dan bisa membuka ruang bagi yang lain.

2-3-2-3 (Total Football) : Permainan menyerang yang anda inginkan, bisa menggunakan formasi ini, dengan hanya menempatkan 2 bek, dan 1 gelandang bertahan. Pemain sisanya harus bisa menyerang dan menyerang. Tapi formasi ini terlalu lemah terhadap formasi Catenaccio yang menjaga lini terakhir kepada seorang sweeper. Tapi akan sangat unggul bila mengahadapi lawan yang tampil terbuka.

Tips Kombinasi Player

1)      Destroyer/Passer/Creator

Kombinasi tiga karakter bermain di lini tengah ini sangat efektif seperti Fletcher, Carrick dan Scholes di Man. United.

2)      Stopper/Cover

Memainkan satu center back berpostur tinggi, agresif dan kuat di udara dan lagi memiliki kecekatan dan kemampuan membaca bola.

3)      Target Man/Poacher

Seorang striker jangkung yang kuat dalam bola udara difungsikan sebagai target man. Sementara satu lagi striker bertubuh kecil memiliki kelincahan dan kemampuan membawa bola yang bagus.

4)      Inside Forward/Attacking Fullback

Memainkan fullback yang agresif yang mampu melakukan serangan dan mampu berkerja sama dengan pemain sayap yang lebih menusuk ke dalam.

5)      Defensif Midfielder

Kombinasi hampir sama dengan stopper/cover. Tapi kali ini diperankan oleh dua defensive midfielder.

6)      Advence Forward/Deep-Lying Forward

Deep-Lying Forward bertugas menciptakan peluang di depan gawang, sementar advance forward bertugas mencetak gol.

7)      Winger/Target Man

Winger menusuk dari sisi lapangan dan member umpan silang kepada Target Man.

REGEN PLAYER

Regen player adalah pemain khayalan yang ada di FM2011, pemain ini bisa sangat buruk dan bisa juga sangat handal, maka dari anda dituntut harus bisa menyeleksi pemain ini dengan mengirim pencari bakat. Nah, saya akan memberikan tips untuk Regen Player.

  1. Terpenting hafal tanggal munculnya Regen Player, karna terlambat sehari saja bisa diambil oleh tim lain.

Berikut tanggal Update Regen Player :

7 Juni : Bosnia, Montenegro dan Selandia baru

20 Juni : Israel, Kroasia, Swiss, Wales, Yunani, Turki, Prancis, Jerman, Portugal, Skontlandia, Australia dan Irlandia Utara.

25 Juni : Inggris dan Austria

29 Juni : Slovakia

30 Juni : Ceko, Polandia, Belgia dan Italia

1 Juli : Bulgaria, Slovania dan Rumania

7 Juli : Denmark dan Belanda

10 Juli : Serbia dan Spanyol

15 Juli : Afrika Selatan

20 Juli : Meksiko

1 Agustus : Uruguay dan Argentina

19 September : Barbados Trinidad & Tobago, Paraguay, Ekuador dan Bolivia

9 Desember : Jepang

26 Desember : AS

27 Desember : Swedia, Rusia dan Cina

1 Januari : Cile

2 Januari : Brasil

5 Januari : Islandia dan Irlandia

7 Januari : Finlandia

10 Januari : Kolombia

15 Januari : Pantai Gading, Tunisia, Algeria, Maroko, Kamerun, Senegal, Nigeria dan Mesir

20 Januari : Norwegia

28 Januari : Peru

14 Februari : Belarusia

2. Kirim scout atau pencari bakat ke belahan dunia. Dari wilayah Amerika Latin dan Eropa Timur biasanya muncul Regen Player       dengan skill mumpuni. Pilihlah pencari bakat memiliki Judging Player Ability dan Judging Player Potential diatas 18 maka mereka akan memberikan pemain Regen yang berkualitas.

WONDERKID

Hampir sama dengan Regen Player, tapi bedanya Wonderkid adalah pemain nyata yang memang ada didunia, dan mereka berpotensial bila dilatih secara serius. Beberapa wonderkid terbaik berdasarkan kelompok :

Kiper : Alphonse Areola, Matej Delaj, Luis Guilherme, David De Gea

Bek Kiri : Lucas Digne, Jose Angel, Armand Traore, Ismail Koybasi

Bek Kanan : Diego Renan, Romario, Rafael Da Silva, Serge Aurier, Davide Santon, Kyle Walke

Bek Tengah : Simon Kjaer, Phil Jones, Chirs Smalling, Breno, Neven Subotic

Gelandang Bertahan : Andrea Poli, Yann M’Vila, M Sissoko, Rene Krhin, Sandro

Gelandang : David Alaba, Nuri Sahin, Bernardo, Leroy Fer, Milan Badelj, Ander, Eden Hazard, Suso, Coutinho, Jack Wilshere, Stevan Jovetic, Gareth Bale

Striker : Romelu Lukaku, Walter, A Paloschi, Jose Baxter, Ben Khalifa, Vaclav Kadlec, Bojan, Alexis Sanches, Pedro, Andy Carroll

PELATIH BINTANG

Banyak pelatih – pelatih dari klub kecil yang memiliki rating 4,5 sampai 5 bintang. Syaratnya satu, yaitu pilih database berukuran large sebelum memulai permainan FM2011.

Berikut Daftar Pelatih Berkualitas :

Fitness : Tony Colbert, Rui Faria, Adrian Lamb, Marco Rota, Massimo Neri dan Manuel Delgado.

Goalkeeping : Harald Scumacher, Fabien Barthez, Alan Kelly, Fred Grim, Eric Steele, Rene Stam dan Gerry Peyton.

Attacking : Brian McClair, Gerd Muller, Neil Roberts, dan Ulf Kirsten.

Defending : Ivan Carminati, Marco Monti, Alan Stubbs, Steve Bould, Massimo Bonini dan Simon Morgan.

Technique : Rene Meulensteen, Ricardo Moniz, Orjan Berg, Mehmet Scholl dan David Sempredo.

Tactical : John Cooke, Angel Vales, Steve Round dan Dave Watson.

Sumber : Tabloid SOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on September 3, 2011, in Tips and Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: