C.M.B


C.M.B atau yang lebih di kenal dengan C.M.B.- Shinra Hakubutsukan no Jiken Mokuroku, adalah karya kedua dari mangaka Motohiro Katou. Sebelum membuat C.M.B. ia lebih dulu membuat sebuah manga berjudul Q.E.D. Tapi antara manga ini dan Q.E.D ada sebuah benang merahnya yaitu, tokoh utama dari kedua manga ini adalah saudara sepupu, dan memiliki karakter yang hampir mirip. Semua karakter antara Q.E.D dan C.M.B bisa dibalang sama atau hamper mirip. Dan dalam beberapa kasus, didalam C.M.B muncul So Toma dan Kana Mizuhara walaupun tidak terlalu dominan. Walaupun karakter hamper mirip, tapi alur ceritanya ada sedikit perbedaan. Kalo Q.E.D menekankan pada So Toma yang jago dalam Matematika dan Fisika dalam C.M.B Shinra Sakaki jago dalam hal Sejarah. Tapi jenis cerita yang berseries masih sangat dominan.

Sinopsis

zaman penjelajahan, era dimana benda – benda unik dan langka hasil temuan para penjelajah berkumpul di Eropa. Para bangsawan mengumpulkan barang – barang itu dan memamerkannya sebagai ‘koleksi’. Wunderkammer demikianlah orang – orang menyebut ruang pameran tersebut. Tumbuhan, hewan, karya seni yang tak pernah dilihat sebelumnya. Dunia tak dikenal yang terbentang dihadapan mata itu membangkitkan antusiasme orang – orang . lalu, di abad ke-18 koleksi para bangsawan tersebut dikumpulkan. Dan dari situ lahirlah apa yang dikenal dengan The British Museum. Memasuki abad ke-19 British Museum memulai penelitian barang – barang koleksi mereka. Monster tak dikenal yang selama ini tertidur di dalam kegelapan “Wunderkammer” mulai tersentuh oleh cahaya yang bernama ‘pengetahuan’ dan diperlihatkan ke seluruh dunia. Ratu Charlotte, penguasa Inggris di masa itu memilih tiga orang bijak yang ditugasi sebagai pelindung pengetahuan. Kepada mereka dianugerahkan gelar ksatria, serta cincin sebagai lambangnya. Konon, cincin it uterus diwariskan secara turun temurun oleh ‘tiga orang bijak’ kepada murid terbaik mereka.

Karakter

Shinra Sakaki

Pemilik museum Shinra yang terletak di tengah hutan kecil. Pemilik cincin C.M.B yang merupakan symbol ilmu pengetahuan. Berpengetahuan luas dan memiliki daya eksplorasi yang baik. Tapi, sebaliknya, banyak hal – hal kecil yang tidak ia ketahui terutama soal kehidupan sehari – hari. Shinra adalah saudara sepupu dari So Toma(Tokoh utama dari Q.E.D). Ketika sudah mengetahui suatu jawaban atas sebuah masalah ia langsung mengucapkan “Saya antarkan Anda ke Wunderkammer” tapi sebelum itu, ia akan menanyakan “Anda harus membayar ongkos masuk terlebih dahulu”, tapi Shinra tidak mau meminta bayaran berupa uang ia lebih suka dengan barang – barang antic.

Shinra Sakaki

Tatsuki Nanase

Kalo Shinra mirip dengan Toma, Tatsuki Nanase sangat mirip dengan Kana Mizuhara, semua hal dari dua gadis ini sangat mirip. Tatsuki sangat emosional dan berjiwa keadilan tinggi. Tipe anak SMA yang jarang saat ini. Tapi sehari – harinya di sekolah dia menyembunyikan sifat aslinya itu dan berakting sebagai tuan putri dari keluarga baik – baik. Bersekolah di SMA swasta Meiyu yang merupakan tempat berkumpulnya anak orang kaya dari keluarga ternama. Sekolah Meiyu sendiri adalah sebuah sekolah yang dimiliki oleh kakek Tatsuki.

Tatsuki Nanase

Takeshi Kujirazaki

Seorang Inspektur polisi yang bekerja didaerah Shinra tinggal. Ia tidak pernah mengganti mobil miliknya yang sudah sangat bobrok dan sangat hancur dengan alasan lebih berguna dari pada anak buahnya di kepolisian. Memiliki sifat yang serius dan sangat telaten.

Mou Sygirl

Seorang Black Broker yang bekerja dalam dunia hitam penjualan barang – barang antic yang penuh sejarah. Paham beberapa bahasa bangsa lain. Tapi karna sifatnya yang tidak mau campur tangan dalam suatu masalah ia selalu meminta bantuan kepada Shinra dengan memberika sedikit imbalan pada Shinra. Dia begitu terkenal dalam dunia pencurian barang antic, karna sebelum barang antic yang masuk ke perdagangan gelap selalu melewati dia sebagai penadah. Tapi berkeyakinan bahwa barang yang dia miliki bukanlah barang curian.

Mou Sygirl

Hihimaru

Seekor babon yang tinggal dengan Shinra, sebelumnya ia dimiliki oleh seoarang nenek tapi karena nenek tersebut mati karna terbunuh dalam sebuah kasus yang ditangani oleh Shinra, lalu Shinra mengajak Hihimaru untuk tinggal bersama. Dalam kesehariannya Hihimaru membantu Shinra dalam merawat Museum, dan menyediakan minuman bagi pengunjung.

Alur Cerita

memiliki alur cerita yang sama dengan Q.E.D tapi berbeda versi karna C.M.B menitik beratkan persoalan sejarah. Cerita dimulai ketika Shinra hendak mengujungi kenalannya. Tapi tanpa disangka, kenalannya tersebut sudah terbunuh dan disitu Nanase begitu curiga kepada Shinra yang berada didekat TKP. Tapi dengan kemampuan yang dimilikinya ia lalu memecahkan kasus tersebut. Setelah kasus pertama Shinra dan Nanase menjadi teman dekat, dan saling membantu. Kemudian Nanase begitu terobsesi dengan keberadan orang tua angkat Shinra, yang begitu tega meninggalkan Shinra seorang diri. Tapi ketika berjalannya waktu akhirnya Nanase tahu bahwa Ketiga ayah angkat Shinra memberikan cincin C.M.B dengan maksud menyegel kekuatan cincin tersebut pada diri Shinra.

Baca Manganya Klik Disini

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on September 21, 2011, in Manga. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: