Formasi Dalam Futsal


Futsal adalah olahraga yang mainkan oleh 5 pemain, oleh karna itu kita sebagai pemain tidak boleh asal dalam memainkan olahraga ini. Futsal sama halnya sepak bola, yang memiliki berbagai macam formasi. Tapi tentu saja disesuaikan dengan jumlah pemain yang ada, dan setiap formasi memiliki kelebihan dan kekuarngan masing – masing. Berikut macam – macam formasi futsal yang dipaparkan oleh Justinus Lhaksana, mantan pelatih futsal timnas Indonesia.

  • Formasi 2-2

Di level ineternasional, jarang ada tim yang menggunakan pola ini terus menerus dalam sebuah pertandingan. Kalaupun gigunakan, biasanya divariasikan dengan taktik lain seperti 1-2-1. Sebab, dalam pola 2-2 hanya ada dua lini yang digunakan yakni depan dan belakang. Sehingga membuat serangan cenderung pasif dan statis.

  • Formasi 3-1

Pada pola ini, tiga pemain yang bergerak ditengah berfungsi sebagai penopang satu pemain yang berada didepan. Varian yang lazimnya digunakan ketika ruang tengah kosong ketika lawan melakukan zona pertahanan di daerahnya.

  • Formasi 1-2-1

Pola dasar yang cukup banyak digunakan oleh berbagai tim. Keseimbangan permainan lebih terjaga karena ketika rotasi pemain selalu ada satu orang yang selalu berdiri dibelakang. Selain bisa memainkan bola pendek, pola ini juga memungkinkan kita bermain bola panjang.

  • Formasi 4-0

Varian ini hanya akan berhasil jika para pemain aktif bergerak untuk membuka ruang. Perputaran bola yang dinamis akan membuat lawan kesulitan memotong bola. Karena kelebihan tersebut, pola ini banyak digunakan oleh Negara-negara top dunia.

  • Powerplay

System ini biasanya digunkan sebuah tim untuk mendulang gol. Peluang mencetak gol lebih besar karena jumlah pemain lebih banyak ketimbang lawan. Kipper akan naik membantu serangan bersama empat pemain lainnya. Kendati begitu, system ini cukup berisiko. Lawan akan mudah mencetak gol ketika melakukan counter attack.

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Oktober 22, 2011, in Sport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: