Sejarah Sepatu Sepakbola


Sepatu adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh pemain bola. Tidak hanya pemain sepak bola tapi semua atlit olahraga juga harus mengenakan alat ini. Selain sebagai pelindung kaki, sepatu juga dapat menghindari cedera. Sekarang kita akan membahas tentang sepatu khusus sepak bola. Awalnya, pemain berhak mengenakan jenis sepatu yang mereka inginkan.

Salah satu raja Inggris, Henry VIII (1509-1547) juga hobi bermain sepak bola. Oleh karan itu ia menyuruh desainer khusus merancang sepatunya. Tak tanggung-tanggung sepatu berbiaya 4 shilling atau setara dengan 100 poundsterling. Sepatu yang terbuat dari kulit itu merupakan cikal bakal perkembangan sepatu sepak bola modern zaman sekarang. Berikut perjalanan sepatu sepak bola dari masa ke masa.

  • 1800-an

Sekitar 300 tahun setelah era King Henry VIII, sepak bola berkembang pesat di Kerajaan Inggris Raya. Para pemain mengenakan sepatu bot dari kulit yang biasa digunakan dipabrik. Pul atau stud dari besi mulai dipergunakan pada masa ini.

  • 1900-1940

Sepatu sepak bola pada masa ini modelnya berupa laras panjang atau boot agar bisa melindungi engkel pemain dari sepakan lawan. Bahannya keras dan kaku. Efek begatifnya sering membuat kaki pemakai cedera. Agar lebih lentur, sepatu direndam beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. Di Jerman, Dassler bersaudara, Adolf dan Rudolf, mendirikan Gebruder Dassler Schuhfabrik di Herzogenaurach pada 1924. Mereka pertama kali yang memperkenalkan sepatu sepak bola dengan 6-7 pul yang bisa dilepas.

  • 1940-1960

Teknologi sepatu sepak bola mulai berevolusi dengan cepat pada era ini. Apalagi dua bersaudara Dassler pecah kongsi. Rudolf mendirikan Puma, sementara Adolf mendirikan adidas. Model sepatu pada era ini lebih ringan dan lentur.

  • 1960-1990

Pada masa ini model sepatu sudah berubah drastic. Sepatu jadi lebih pendek. Sebab Decker yang bisa melindungi engkel sudah ditemukan. Alhasil, selain semakin ringan si pemakai bisa bergerak lebih leluasa.

  • 1990-…

Pada tahun 1990 sudah mulai berkembangnya teknologi dalam sepatu sepak bola. Tidak hanya lagi melindungi si pemakai tetapi sudah jadi alat bentu dalam permainan untuk si pemakai dalam mengembangkan performanya.

Sumber : Tabloid Soccer

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on November 4, 2011, in Pengetahuan Umum, Sport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: