Minuman Isotonik dan Berenergi –Manfaat dan Efek Samping-


Minuman Isotonik

minuman isotonik

Manfaat :

  1. Mampu diserap tubuh dengan cepat

Hal ini terjadi karna isotonic mempunyai kadar osmolaritas yang sama dengan darah. Minuman ini banyak mengandung elektrolit dan garam. Sangat ideal diminum ketika sedang berolahraga.

  1. Membantu penyembuah diare

Penderita diare sangat rentan terkena dehidrasi. Biasanya penderita dianjurkan mengonsumsi minuman oralit yang banyak. Nah, salah satu kelebihan minuman isotonic adalah perannya yang bisa menggantikan oralit. Sebab kandungan mineral kedua minuman ini nyaris sama.

Efek samping :

  1. Mempengaruhi gigi dan lambung

Meski memberikan manfaat, minuman isotonic tidak boleh diminum sembarangan. Jika tidak sedang beraktivitas berat, sebaiknya jangan meminumnya. Isotonic biasanya mengandung asam nitrat. Seluruh asam memiliki sifat erosif dan dapat berpengaruh pada gigi dan lambung. Bagi pengidap gagal ginjal, diabetes, sakit jantung, dan penderita gangguan lambung, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter.

  1. Kepala terasa berat dan pusing

Bila dikonsumsi secara berlebihan akan membuat kepala terasa berat dan pusing.

Tips mengonsumsi : Minum 10-15 menit sebelum latihan, sebanyak 230ml. Ulangi setiap 20-30 menit atau minum secukupnya setiap kali merasa haus.

Minuman Berenergi

Minuman berenergi

Manfaat :

  1. Memberikan kebugaran

Badan terasa bugar setelah mengosumsi minuman berenergi. Ini tak lepas dari efek yang ditimbulkan dari kafein, gula dan b kompleks. Ketiga unsure itu terutama kafein, bisa merangsang proses metabolisme tubuh untuk meningkatkan tenaga tubuh yang sifatnya sementara.

  1. Mengurangi lelah

Minuman berenergi memberikan kekuatan ekstra untuk mengatasi rasa lelah karena munculnya semangat untuk terus berada dalam kondisi prima. Selain itu, bisa meminimalkan rasa sakit pada otot selama beraktivitas dan menjadi sumber energy utama otot. Hal ini mengakibatkan anda tak mudah merasa lelah.

Efek Samping :

  1. Menimbulkan dehidrasi

Terlalu berlebihan mengonsumsi minuman berenergi ternyata bisa menimbulkan dehidrasi. Hal ini terjadi karna efek dari kafein. Dehidrasi akan membuat kekuatan kontraksi otot turun persen.

  1. Gangguan pada jantung

Kandunga kafein dalam minuman berenergi bisa membuat jantung berdetak lebih keras dari biasanya dan memacu ketidakbormalan ritme jantung. Ini bisa terjadi jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Saat beraktivitas, kerja jantung sudah sangat berat. Minuman berenergi memaksa kerja jantung untuk lebih berat lagi dan akan sangat berbahaya.

  1. Rawan obesitas

Kandungan gula di dalam minuman berenergi ternyata dapat menambah berat badan. Jika berlebihan tentu akan berefek pada obesitas.

  1. Susah tidur

Konsumi yang berlebihan pada minuman berenergi membuat kerja jantung terus berdetak dan memungkinkan kita untuk tetap terus terjaga. Kemungkinan paling buruk adalah bisa mengalami susah tidur atau insomnia.

Minuman Olahraga Alternatif

  • Air kelapa

air kelapa isotonik alami

Air kelapa murni yang belum dicampur apa pun bisa menjadi minuman isotonic alami. Sangat cocok dikonsumsi saat berolahraga karena mengandungan elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh. Sehingga dapat merihidrasi tubuh dan menganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat. Selain berfungsi sebagai minuman isotonic, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah. Jika kita punya masalah pencernaan atau susah buang air besar, air kelapa juga memberi manfaat besar. Sebab di dalamnya terdapat antikuman dan anti bakteri yang bisa melancarkan fungsi sitem pencernaan.

  • Susu coklat

chocolate_milk

Orang yang berolahraga untuk kebugaran akan mendapatkan pemulihan fisik yang optimal jika mereka minum susu coklat rendah lemak setelah berolahraga dengan keras.

  • Rebusan air kacang hijau

Rebusan air kacang hijau bagus untuk diminum setelah berolahraga. Pasalnya mengandung banyak vitamin. Dalam 110 gram kacang hijau mengandung 345 kalori, 22,2 gram protein, 1,2 gram lemak dan magnesium.

 

Sumber : Tabloid SOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Desember 12, 2011, in Pengetahuan Umum, Tips and Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: