Cara Tepat Penanganan Pertama -CPR-


Salah satu pertolongan pertama adalah dengan melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR). Teknik yang dilakukan dengan pernapasan mulut ke mulut serta penekanan pada dada. CPR sangat berguna untuk menjaga agar darah yang mengandun oksigen mengalir ke otak dan organ penting lainnya. Oleh karna itu penting untuk Anda sekalian tahu bagaimana cara CPR yang benar. Berikut penjelasannya.

  • Cek kondisi sekitar

Sebelum melakukan CPR pastikan orang yang terkena serangan jantung telah berada di tempat yang aman dan terhindar dari bahaya. Selain itu jangan lupa hubungi petugas medis.

  • Cek respons

Cek pasien masih sadar atau tidak. Caranya dengan menepuk-nepuk pundak orang sambil berteriak dengan suara keras.

  • Buka jalur pernapasan

Tangan kiri memegang dahi sambil ditarik ke belakang dan tangan kanan menarik dahu ke atas. Hal ini dilakukan agar jalur udara tak tersumbat di daerah tenggorokan.

  • Cek pernapasan

Untuk mengetahui apakah orang itu masih bernapas atau tidak. Caranya dengan mendekatkan kepala kita ke arah hidung pasien atau dengan menaruh kaca didepan hidung penderita. Kaca akan berembun jika pasien masih bernapas. CPR dilakukan jika pasien tidak bernapas.

  • Napas buatan

Lakukan napas buatan dengan cara menutup hidung pasien dan meniupkan napas dari mulut ke mulut sebanyak dua kali. Saat melakukan ini, mulut penolong tidak berada di dalam mulut pasien melainkan melingkupi area luar mulut pasien.

  • Beri tekanan

Setelah memberikan dua kali napas buatan, beri tekanan pada bagian dada. Tekan bagian dada sebanyak 12 kali (jika dilakukan oleh satu orang) dan lima kali (jika dilakukan oleh dua orang). Lakukan tekanan di area tiga jari atas tulang dada. Setelah itu, ulangi lagi langkah member napas buatan dan pemberian tekanan.

  • Cek pernapasan

Cek apakah penderita sudah bisa bernapas. Jika belum, maka ulangi lagi mulai dari memberikan napas buatan dan tekanan di daerah dada. Kalau bernapas, letakkan pasien dalam posisi miring ke arah kiri dengan kondisi kaki kanan di tekuk.

Contoh Gambarnya :

Cardiopulmonary Resuscitation

Sumber : Tabloid SOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Januari 9, 2012, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: