Tips dan Triks Memilih Sepatu Futsal


Anda seorang penggiat olah raga futsal? Tentu tidak asing lagi dalam memilih sepatu futsal yang cocok dengan anda tentunya. Disini saya akan berbagi Tips dan Triks bagaimana memilih sepatu futsal, agar kenyamanan dan keamanan yang anda semua dapat saat bermain futsal. Berikut penjabarannya.

  • Betuk kaki dan sol sepatu

Kenyamanan merupakan factor utama. Jangan memaksakan sepatu untuk telapak kaki panjang kalau telapak kaki anda melebar. Sepatu futsal berbahan baku kulit sangat disarankan untuk telapak kaki melebar. Sebab bahan kulit cukup lentur untuk mengikuti bentuk kaki. Perhatikan juga bentuk dan ketebalan sol sepatunya. Jika telapak kaki anda melebar, hindari cup sole berbentuk seperti mangkok. Atau bagian samping sol ada yang keatas. Ini akan mengganggu kenyamanan. Solusinya cari sepatu dengan sol yang dibagian samping ada busanya. Jika kaki anda memanjang, pilih yang sole pendek. Jangan lupa dengan kelenturan sol sepatu. Cara mengetesnya cukup menekuk sepatu tersebut. Jika tekukannya berada ditengah-tengah berarti sepatu itu kurang bagus. Jika bagian menekuknya di sepertiga bagian atas, sepatu itu bagus. Sebab bagian tengah sepatu tidak boleh menekuk karena dibuat dari bahan yang keras untuk melindungi telapak kaki.

  • Gaya bermain

Jika anda masuk kategori yang sering mengandalkan bagian depan kaki (toecap) untuk menendang, pilih sepatu yang benar-benar aman di bagian toecap. Sebab ada pelindung tambahan untuk melindungi jari kaki. Sedangkan bagi yang suka menggunakan punggung kaki, bisa memakai model sepatu futsal yang beredar dipasar. Lalu, jika anda suka dengan tendangan keras prioritaskan sepatu berbahan kulit.

  • Bagian atas sepatu

Banyak yang tak terlalu peduli dengan bagian atas sepatu. Padahal, bagian tersebut berkaitan erat dengan kenyamanan saat melakukan tendangan. Oleh karna itu, pastikan bagian atas nyaman dan kuat. Perhatikan jenis bahan dan jahitannya serta bahan pelapis didalamnya. Untuk posisi tali sepatu, berada di pinggir lebih nyaman dari pada berada dibagian atas. Pertimbangannya, ruang untuk menembak lebih luas. Namun, bahan lidah sepatu yang berfungsi sebagai penutupnya harus anda perhatikan. Pilih yang sama dengan bahan utama sepatu anda.

Sumber : TabloidSOCCER

Iklan

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Januari 27, 2012, in Tips and Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: