Bahaya Begadang


Mungkin sudah ribuan kali kita mendengar dan membaca tentang bahaya begadang, tapi kita masih saja begadang. Mungkin karna kerjaan yang numpuk, atau kegiatan menonton pertandingan sepak bola Eropa. Kalau alasan pertama mungkin tidak terlalu sering dilakukan tapi untuk alasan kedua hampir tiap minggu kita selalu menyasikkan pertandingan sepak bola dini hari apalagi jika klub pujaan kita yang sedang bermain. Tapi begadang itu tidak sehat dan tidak baik, beberapa bulan yang lalu Taiwan Hospital merilis hasil riset tentang bahaya begadang bagi organ dalam tubuh manusia. Berikut adalah siklus organ tubuh manusia yang rentan terhadap pengaruh begadang dan tidur terlalu lama yang dirilis oleh National Taiwan Hospital.


Pukul 21.00-23.00

Pada pukul 21.00 hingga 23.00 adalah waktunya bagi tubuh melakukan detoxin di bagian system antibody atau kelenjar getah bening. Selama durasi ini, kita sebaiknya istirahat. Jika belum bisa tidur disarankan mengatur tubuh agar rileks dan tidak terbebani pekerjaan apa pun. Mendengarkan music lembut sambil bersantai boleh dilakukan.

Pukul 23.00-01.00

Hati merupakan organ yang melaksanakan berbagai fungsi vital, mulai mengatur kadar zat kimia dalam tubuh sampai menghasilkan zat pembekuan darah. Hati juga perlu beristirahat dan membersihkan diri. Waktu alaminya pukul 23.00 hingga 01.00 dinihari. Pada waktu tersebut hati akan melakukan proses detoxin.

Pukul 01.00-03.00

Empedu adalah organ yang berfungsi untuk membuang limbah tubuh tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu penyerapan lemak. Pukul 01.00 hingga 03.00 dinihari adalah waktu bagi empedu beristirahat dan membersihkan diri. Jika empedu sampai rusak, bahaya kematian bisa mengancam.

Pukul 03.00-05.00

Ini adalah waktunya bagi paru-paru untuk melakukan detoxin. Pada pukul 03.00-05.00, secara alami paru-paru akan membersihkan diri. Itu juga alasannya penderita batuk sering mengeluarkan lender kotoran di saliran pernapasan pada pagi hari.

Pukul 05.00-07.00

Waktunya bangun dari tidur. Pada waktu ini saatnya usus besar membersihkan diri. Oleh karna itulah, salah satu cirri orang yang sehat adalah bunag air besar teratur anatar pukul 05.00 hingga 07.00.

Sumber : TabloidSOCCER

Iklan

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on April 2, 2012, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: