Nama Klub Sepak Bola part I


Tak kenal maka tak sayang, begitula ungkapan dari pepatah tua yang berarti kita harus mengenal nama seseorang atau sesuatu dulu baru bisa mengenalnya lebih dalam. Maka dalam pemilihan nama tak boleh asal-asalan. Hal tersebut menjadi landasan dari beberapa klub sepak bola, mereka tak asal dalam member nama, mereka memilih mengambil inspirasi dari nama-nama tokoh-tokoh fiksi. Pertimbangannya, tokoh tersebut dianggap bisa mewakili jati diri klub. Klub manakah yang menjadikan tokoh di dunia fiksi menjadi inspirasi nama?

  • Ajax Amsterdam

Ajax adalah salah satu klub yang cukup disegani di Belanda maupun di Eropa karna sudah banya gelar yang mereka rebut. Dan mereka adalah klub tersukses di Belanda. Asal muasal nama tim yang berasala dari Amsterdam tersebut ternyata cukup unik. Rupanya, penyebutan Ajax berasal dari nama pahlawan dalam mitologi Yunani. Ajax merupakan putra dewa Telamon yang juga cucu dari Zeus. Dia merupakan salah satu tokoh penting di kisah Perang Troya. Karakter Ajax adalah seseorang yang besar, kuat dan berwibawa. Itulah akhirnya yang menjadi motif utama dalam penamaan Ajax yang berdiri sejak 1900 tersebut. Tak heran Ajax juga dijuluki Godenzonen yang berarti putra dewa merujuk pada Ajax putra Telamon.

 

 

 

 

 

  • Heracles Almelo

Di Belanda ada satu lagi klub yang mengambil nama dari mitologi Yunani, yaitu Heracle Almelo. Klub ini bermarkas di Kota Almelo, berdiri sejak 1903. Dari sejarah mitologi Yunani, Heracles merupakan pahlawan yang diturunkan Tuhan. Dia juga anak dari Zeus, Heracles juga disebut-sebut sebagai pahlawan paling hebat dalam mitologi Yunani. Sosoknya kuat dan tak pernah menyerah. Dalam pemilihan nama tersebut, terbukti membawa berkah. Setidaknya, mereka pernah juara pada tahun 1927 dan 1941. Sayangnya, dalam beberapa dasawarsa terakhir, prestasi mereka menurun.

 

 

 

 

  • Spartak Moskva

Spartak Moslva merupakan salah satu tim kuat di Rusia. Berdiri sejak 1922, klub ini awalnya dimiliki pemerintah Uni Soviet, pada waktu itu sebagian besar pemainnya adalah tentara. Pembrian nama Spartak di depan nama kota diambil dari nama seorang gladiator tangguh yakni Spartacus. Dia merupakan tokoh pemimpin budak saat perang Sevilla yang ketiga. Perang tersebut merupakan bentuk perlawanan budak terhadap pemerintah Romawi Kuno. Spartacus tokoh yang pemberani. Mencuat sebagai symbol perjuangan orang-orang yang tertindas dan ingin mendapatkan kembali kebebasannya. Tokoh ini juga dianggap pahlawan rakyat di antara budaya kuno dan modern. Tak heran, Spartak Moskva mengambil namanya sebagai inspirasi.

 

 

 

 

 

Sumber : TabloidSOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on April 9, 2012, in Pengetahuan Umum, Sport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: