Trik dan Tips PES 2012 –Free Kick-


PES-Pro-Evolution-Soccer-2012

Tendangan bebas merupakan salah satu senjata yang digunakan pemain untuk mencetak gol, pemain seperti Andrea Pirlo, Alessandro Del Piero, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan sebagainya memiliki tendangan bebas yang sangat akurat, sampai-sampai penjaga gawang harus banyak berdoa sebelum mereka menendang. Tentu saja dalam game pun mereka cukup ahli dalam melakukan free kick. Dengan ability yang tinggi dan kemampuan gamer dalam mengatur kekuatan bar, tendangan bebas bisa menjadi senjata utama dalam mencetak gol. Berikut saya akan memberikan tips dan trik untuk melakukan tendangan bebas.


Tendangan Bebas

Tendangan bebas langsung dibutuhkan pemain yang memiliki kemampuan khusus, tak perlu pemain wah, cukup dengan standarisasi yang cukup. Berikut standarisasinya.

Swerve : 80-90

Shot accuracy : 80-90

Place kicking : 85-90

Kicking power : 85-95

Special abilities : Scoring, middle shooting

  • Short Free Kick (16-24 meter)

Pada posisi ini, kekuatan tendangan tak perlu terlalu keras. Usahakan ukuran gauge tendangan tak lebih dari setengah bar. Saat ingin melakukan tendangan arahkan analog kiri ke bawah. Saat bola berada di udara, tekan tombol silang sambil arahkan analog ke kiri atau kanan untuk menambah efek lengkungan.

  • Medium Free Kick (24-30 meter)

Tekan tombol kotak, isi gauge tenaga tendangan sekitar 60-70 persen dari bar. Saat bola melayang, arahkan analog ke kiri atau kanan untuk efek lengkungan sembari menekan tombol silang. Saat bola mendekati gawang arahkan analog ke bawah agar bola menukik.

  • Long Free Kick (30 meter atau lebih)

Pilih penendang yang memiliki kekuatan tendangan di atas rata-rata. Jika memiliki kekuatan tendangan besar seperti Steven Gerrard atau Cristiano Ronaldo, gauge tenaga tersisi 50 persen sudah cukup. Saat bola melayang di udara, lengkungkan dengan mengarahkan analog ke kiri atau kanan.

Kombinasi Tendangan Bebas

Biasanya, triks ini dilakukan untuk tendangan bebas jarak pendek. Untuk tendangan bebas yang menggunakan kombinasi antara penendang pertama dan kedua ini, penanganannya tetap sama dengan short free kick. Hanya, untuk gerak tipu, tekan terus L1 dan R1. Usahakan penendang memiliki short power diatas 85. Ini berguna agar laju bola tak mampu ditahan kipper lawan.

Jika ingin penendang kedua yang melakukan eksekusi, tekan L1 dan tombol silang, setelah itu secara cepat tekan tombol kotak dengan gauge mencapai setengah bar.

Sementara jika menginginkan penendang pertama yang melakukan eksekusi, dua kali tekan L1 dan R1. Setelah itu tekan tombol kotak L1 dan arahkan analog kea rah bawah. Perlu diperhatikan pula, saat bola bergulir, kekuatan tendangan biasanya mencapai 50 persen gauge bar.

  • Knuckle Free Kick

Ini adalah tendangan bebas khas Cristiano Ronaldo. Melakukannya terbilang sulit. Dibutuhkan ketepatan waktu untuk melakukannya. Caranya, tekan tombol kotak untuk menendang sekaligus mengukur kekuatan tendangan. Saat bola berada di udara, tekan kembali tombol kotak.

Tendangan Penjuru

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur pemain yang bagus dalam mengambil tendangan penjuru. Pilih dari Menu Pieces di menu Game Plan. Perlu diperhatikan pemain yang memiliki kaki kanan yang kuat, akan lebih baik ditempatkan sebagai penendang dari sisi kanan penyerangan agar bola bergerak menjauhi gawang, sehingga sulit dijangkau kipper.

  • Bek Membantu

Sejumlah gamer kadang tak bisa memaksimalkan peran defender jangkung yang dimilikinya untuk membantu penyerangan. Padahal, biasanya mereka punya kemampuan menyundul yang baik. Agar bek mau membantu saat tendangan penjuru, pilih menu Set Pieces dari Game Plan. Pilih submenu Players to Join Attack untuk meminta bek berada di kotak pinalti lawan saat tendangan penjuru.

Tips : tekan tombol panah atas dan L1 lalu tekan tombol bulat hingga power gauge terisi setengah. Setelah bola melambung, tekan R2. Ketika ada pemain yang siap menanduk bola, segera tekan kotak berkali-kali.

Tendangan Penalti

Berbeda dengan PES 2011 yang butuh trik khusus, mengeksekusi penalty pada PES 2012 sangatlah mudah. Untuk menentukan arah tendangan ke atas atau mendatar, ada power gauge yang mengatur. Jika ingin tendangan mendatar, tekan tombol kotak sebentar saja. Sementara, untuk arah tendangan, tinggal memencet arah ke kiri atau kanan.

Sumber : TabloidSOCCER

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Mei 7, 2012, in Tips and Trick. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ya sangat menarik sekali, semoga disukai semua orang, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: