Real


Siapa yang tidak tahu Takehiko Inoue? Mungkin hanya orang yang tak pernah membaca komik yang tak tahu orang ini. Apalagi kalau sudah menyebut sebuah komik dengan judul Slam Dunk. Ya, Takehiko Inoue adalah sang pengarang dari komik legendaris itu, tapi disini saya takkan membicarakan tentang Slum Dunk tapi salah satu karya Takehiko Inoue yang cukup menguras air mata, yaitu Real. Sama seperti pendahulunya, Real pun bercerita tentang olah raga basket tapi yang menjadi pembeda adalah Real bergelut dalam basket kursi roda. Real bergenre drama dan olah raga, bedanya dengan Slam Dunk adalah kalau Slam Dunk lebih menekankan pada basket itu sendiri, tapi pada Real, Takehiko Inoue lebih mengedepankan drama kehidupan sehari-hari. Komik ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2001, sampai saat ini jumlah komiknya mencapai 12 volume. Saat ini status komik ini adalah ongoing. Komik ini memecahkan rekor pembelian mencapai 9 juta eksemplar dalam jumlah 7 volume.

Real


Sinopsis

Nomiya adalah kapten basket di SMU Nishi. Namun, setelah istirahat panjang akibat kecelakaan, bukan hanya posisinya sebagai kapten saja yang digantikan Takahashi, tapi juga dia harus berhenti dari sekolahnya. Namun, ia tidak bisa lepas dari basket. Pada suatu hari, ia berkenalan dengan Azumi, manager klub basket kursi roda. Sejak saat itu, Nomiya mulai mengenal Kiyoharu, jagoan basket kursi roda.

Karakter

  • Nomiya Tomomi

Nomiya adalah tokoh utama dalam komik ini. Disini dia adalah orang yang jago basket, berandalan dan suka enaknya sendiri. Disekolahnya dia adalah kapten tim basket tapi semua itu berubah ketika ia mengalami kecelakan lalu lintas. Setelah masa istirahat selesai, ia harus menerima kenyataan dikeluarkan dari sekolah dan tentu saja dia tidak lagi menjadi kapten tim basket. Ia dikeluarkan dari sekolah karena perilakunya yang buruk dan sudah tidak bisa di toleransi. Setelah keluar dari sekolah ia mencoba mencari kerja sambilan tapi setiap tempat yang dia datangi selalu terjadi kerusuhan.

  • Kiyoharu Togawa

Selain Nomiya, Kiyoharu adalah karakter utama yang lainnya. Kiyoharu adalah orang cacat yang tidak mempunyai kaki kanan akibat penyakit bernama osteosarcoma, penyakit yang hanya menyerang kepada anak berusia muda. Saat masih kecil Kiyoharu merupakan anak yang ceria walaupun hanya hidup berdua dengan ayahnya. Saat masih kecil bakatnya dalam olah raga sangat terlihat, waktu Sekolah Dasar dia mewakili sekolahnya dalam lomba lari tingkat daerah. Tapi perlahan osteosarcoma mengambil kaki kanan Kiyoharu, sejak saat itu Kiyoharu menjadi pribadi yang dingin dan pendiam. Pada dasarnya, ia diam dan sok untuk membuktikan bahwa ia tak perlu bantuan seseorang walaupun memiliki kekurangan fisik, oleh karena itu, Kiyoharu masuk klub basket kursi roda.

  • Hisanobu Takahashi

Nah, Takahashi adalah karakter utama ketiga dari komik ini. Takahashi merupakan junior dari Nomiya. Takahashi juga yang mengambil jabatan kapten dari Nomiya. Takahashi selalu mendefinisikan seseorang dengan tingkatan grade dimulai dari E yang berarti sangat buruk atau pecundang sampai A yang merupakan terbaik. Dia mendefinisikan dirinya dengan grade A, orang yang pintar, tampan dan juga jago dalam bermain basket. Bahkan setiap hari dia selalu menerima surat cinta dari wanita-wanita disekolahnya. Tapi semua itu berubah ketika ia mengalami kecelakan lalu lintas ketika sedang mengendarai sepeda. Akibat kecelakan tersebut Takahashi harus mengalami kelumpuhan total dari bagian pinggang sampai kaki yang artinya ia tidak bisa berdiri. Sejak saat itu ia tahu bahwa ia berada pada grade E yang dijauhi oleh orang-orang lainnya.

Alur Cerita

            Nomiya yang harus dikelurkan dari sekolahnya karena perilakunya harus mengubah hidupnya yang tadinya seorang berandalan sekolah menjadi pria yang harus bisa membiayai hidupnya sendiri. Nomiya bekerja di beberapa tempat kerja part time, tapi karena kalakuan kasarnya hampir selalu dia di pecat. Walaupun begitu keinginan Nomiya dalam bermain basket lagi tidak hilang. Ia berusaha untuk tetap bermain basket walaupun permainannya tidak sama seperti ketika ia belum kecelakaan. Di sana dia merasa tak punya harapan dalam bermain basket, Nomiya melihat seorang pria sedang bermain basket, yang membuat ia terkejut adalah pria itu seorang pria cacat yang tidak memiliki kaki kanan. Melihat pria itu, Nomiya kembali percaya diri untuk melanjutkan bermain basket. Nama pria cacat itu adalah Kiyoharu, pria yang tergabung dalam klub basket kursi roda. Pada awalnya Kiyoharu tidak menganggap Nomiya yang terus meminta diajak bermain dengan dia, tapi karena Nomiya memaksa akhirnya mereka berdua berduel one-on-one. Lambat laun, mereka berdua berteman, dan Nomiya akhirnya tahu bagaimana kisah hidup yang dialami oleh Kiyoharu. Mendengar hal itu dan melihat semangat Kiyoharu yang masih menyalah, Nomiya akhirnya tetap berusaha untuk kembali ke dunia basket sambil kerja part time. Diluar kisah mereka bedua, ada Takahashi, junior dari Nomiya. Takahashi yang sombong dan menilai seseorang berdasarkan derajat akhirnya menyadari bahwa dirinya lebih rendah dari orang yang pernah ia hina karena kecelakan yang dia alami yang membuat Takahashi lumpuh total dari bagian pinggang sampai bawah. Pada awalnya ia sempat merasa ingin mati karena kelumpuhannya tapi karena sang ayah ia tetap berjuang menjalani rehabilitas. Bagaimana kisah kelanjutan dari ketiga orang ini? Apakah Nomiya bisa menjadi pemain basket lagi? Lalu, apakah Kiyoharu bisa membuka hati untuk orang lainnya? Dan apakah Takahashi berhasil meraih kehidupannya yang dulu? Semua bisa anda nikmati dalam komik yang berjudul Real ini. Dalam komik ini tidak hanya menceritakan tentang olah raga basket kursi roda tapi juga menceritakan kisah perjuangan hidup seseorang yang ingin di akui. Setiap volume selalu menghadirkan cerita-cerita yang menarik dan patut dijadikan contoh.

Baca Manganya Klik Ini!

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Januari 23, 2013, in Manga. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: