Cahaya Pada Binatang


Cahaya merupakan komponen vital yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Tanpa cahaya, manusia tak akan bisa melihat lingkungan di sekitarnya, sedangkan tanaman tak bisa berfotosintesis. Namunm kebutuhan akan cahaya tak dirasakan oleh hewan-hewan bioluminesensi. Hewan berkategori ini justru mampu memproduksi cahaya malalui organ tubuhnya. Cahaya hewan bioluminesensi berbeda. Sebab, cahaya itu tidak mengandung panas dan bisa disebut dingin. Panas yang dikeluarkan cahaya di tubuh hewan tersebut kurang dari seperlima di antara total kalorinya. Cahaya itu disebabkan oleh reaksi enzimatis. Enzimnya bernama lusiferase, subtratnya lusiferin. Oleh lusiferase, lusiferin diubah menjadi oksilisiferin, reaksi itu melepaskan tenaga dalam bentuk cahaya. Salah satu contoh hewan bioluminesensi yang sering ditemui adalah kunang-kunang. Salah satu fungsi dari adanya bioluminesensi adalah mempermudah adaptasi terhadap lingkungan.


Berikut Contoh Hewan Bioluminesensi :

  • Jellyfish

Cahaya Jellyfish disebut dengan alarm jellyfish. Salah satu keunikan alarm jellyfish adalah kemampuannya dalam menarik hewan lain dengan cara menghasilkan cahaya yang terang. Dengan adanya cahaya tersebut, alarm jellyfish bisa mengalihkan perhatian dan kemudian melarikan diri. Hewan bernama latin Atolla wyvillei itu banyak ditemukan di laut dalam dengan ukuran tubuh hingga 15 cm.

Jellyfish

  • Hawaiian bobtail squid

Hewan ini punya nama latin Euptymna scolopes. Sesuai dengan namanya, Hawaiian Bobtail Squid banyak ditemui di kepulauan Hawaii. Hewan ini memiliki bioluminesensi dalam tubuhnya untuk bersembunyi dari serangan pemangsa. Cara yang digunakan adalah menciptakan cahaya agar bisa menyamarkan tubuhnya dengan lingkungan sekitar.

images

  • Motyxia

Motyxia merupakan salah satu spesies darat yang mampu menghasilkan cahaya. Penyebaran bioluminesensi ada pada sebagian besar tubuhnya. Karena itu, dalam kegelapan, seluruh tubuh Motyxia akan terlihat menyala paling terang jika dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya yang gelap. Hewan tersebut banyak ditemukan di California, Amerika Serikat.

Motyxia

Sumber : Cenderawasih Pos

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Februari 1, 2013, in Pengetahuan Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: