Tips dan Trik Merawat Ban Motor


Merawat ban motor sebenarnya tak susah. Tak menguras energi, apalagi dana. Hanya butuh sedikit ketelitian dan perhatian. Elemen utama yang harus diperhatikan dari ban, lebih ke spesifikasi data teknis yang dianjurkan. Seperti tekanan udara dan kondisi fisik luar, ban tersebut. Jika ban motor awet, tidak saja menghemat pengeluaran. Pun, menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut tips dan trik merawat ban motor :

Tips dan Trik Merawat Ban Motor

Tips dan Trik Merawat Ban Motor

  • Periksa Tekanan Ban

Tekanan udara ban akan sangat memengaruhi kenyamanan, keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Pastikan sesuai dengan petunjuk. Jangan kurang atau berlebih. Usahakan setiap saat mengukur tekanan ban. Standarnya, depan : 2.0  0.2 kg/cm2. Sedangkan belakang : 2.25  0.2 kg/cm2.

  • Pasang Ban Sesuai Ukuran

Pabrikan motor sudah menentukan ukuran ban. Sebab ini menyangkut kenyamanan dan keamanan pengendara. Karena itu, jangan paksakan memasang ban yang tidak sesuai anjuran. Akan berakibat fatal terhadap keamanan dan kondisi motor. Motor yang dipasangi dengan ban dalam ukuran yang lebih besar, biasanya akan merusak onderdil tertentu.

  • Periksa Kebocoran Pentil

Ini sepele. Tapi sangat besar manfaatnya. Usahakan setiap saat memeriksa kebocoran pentil. Utamanya khusus buat ban yang pernah mengalami penambalan. Cara memeriksanya, lepas tutup pentil lalu beri air sabun di atas lubang pentil. Jika ada gelembung udara, berar kemungkinan pentil tersebut bocor. Berikutnya, keraskanlah pentil menggunakan alat pengencang pentil. Bila masih bocor, ganti dengan yang baru.

  • Perhatikan Cara Mengendarai Motor

Jangan terlalu memberi beban berat saat mengendarai sepeda motor. Beban yang berat bisa membuat ban cepat aus. Usahakan memberi beban pada motor sesuai petunjuk. Lain itu, hindari jalan yang berlubang. Usahakan juga setiap 10.000 km kondisi ban diperiksa. Terutama buat motor yang terbiasa dengan kecepatan tinggi.

Sumber : IRC Care

Iklan

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Februari 12, 2013, in Tips and Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: