Stud Sepatu Sepak Bola


 Sekarang ini sudah banyak sekali sepatu sepak bola yang ada di pasaran. Dari pabrikan luar maupun dalam negeri sangat mudah untuk kita lihat. Nah, disini saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang stud atau pull yang ada di sepatu sepak bola. Banyak sekali orang awam yang asal dalam memilih stud, padahal stud adalah elemen penting dalam sepatu sepak bola karena beda stud beda pula kelebihannya. Berikut penjelasan singkatnya :

 

  • Screw In : Lapangan Becek

Sepatu dengan jenis studs Screw In merupakan yang paling cocok digunakan saat lapangan dalam kondisi becek. Biasanya terdiri dari enam-sepuluh gigi berbentuk mur yang bisa dilepas dengan tinggi berkisar antara 1,3 sampai 1,6 cm. Dengan ukuran studs yang cukup panjang, sepatu jenis ini memiliki daya cengkeram kuat terhadap permukaan lapangan sehingga sangat dianjurkan untuk digunakan dalam kondisi lapangan becek. Saat di lapangan, pemain bisa menjaga keseimbangan meski permukaannya licin.

screw-in-studs

  • Blade : Lapangan Normal

Blade stud merupakan pengembangan model moulded atau klasik. Bedanya, jenis ini memiliki bentuk berupa garis atau sayatan. Perubahan bentuk disebabkan tuntutan permainan yang lebih cepat. Stud bentuk ini memungkinkan traksi dengan lapangan menjadi lebih optimal dan memudahkan pengguna dalam mengubah kecepatan lari. Akan tetapi, sepatu ini hanya cocok digunakan saat lapangan dalam kondisi normal. Daya cengkeram yang sangat kuat meningkatkan resiko cedera pada lutut dan engkel apabila digunakan di lapangan becek yang lunak. Sebab, kuatnya cengkeraman sepatu ke tanah membuat pengguna kesulitan saat hendak berbalik arah.

blade-studs

  • Moulded : Lapangan Kering

Moulded sering juga disebut klasik karena merupakan jenis stud yang pertama kali digunakan pada sepatu sepak bola. Bentuk bulat dan tinggi yang hanya sekitar 1 cm membuat daya cengkeram sepatu ini tidak terlalu kuat. Untuk itu, stud jenis ini lebih tepat digunakan saat bermain di permukaan lapangan yang kering dan keras. Saat bermain di lapangan becek dan lunak, stud ini sulit untuk mencengkeram lapangan secara optimal. Jadi, sebaiknya dihindari penggunaannya.

moulded-studs

Sumber : Tabloid SOCCER

Iklan

About encuheryanto

Terkadang seseorang itu terlalu sering membicarakan hal yang tidak beguna bagi dirinya .

Posted on Februari 26, 2013, in Sport. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: